Seksi Dikmad Kemenag Kota Yogyakarta Gelar KKG MGMP

kabareindonesia.com – Mengawali Kegiatan di Bulan Februari Seksi Pendidikan Madrasah mengadakan Pembinaan KKG MGMP Kota Yogyakarta pada Kamis (9/2/2023) bertempat di Ruang Broadcast MAN 2 Yogyakarta, Jl. K.H. Dahlan 130 Yogyakarta. Peserta yang hadir berjumlah 30 orang, terdiri dari Pengawas Madrasah, Kelompok Kerja Kepala Raudhatul Athfal, Kelompok Kerja Kepala Madrasah Ibtidaiyah, Kelompok Kerja Kepala Madrasah Tsanawiyah, Pengurus Kelompok Kerja Guru dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran se-Kota Yogyakarta.

Dalam kesempatan tersebut Kasi Dikmad Kemenag Kota Yogyakarta, Elfa Tsuroyya berharap kepada pengurus KKG MGMP yang sudah menyusun program kegiatan agar berbasis kepada kebutuhan guru-guru karena itu akan menjadi daya tarik tersendiri bagi guru untuk aktif dalam kegiatan KKG-MGMP. “Buatlah time line kegiatan KKG-MGMP, supaya semua anggota bisa membaca dan memahami. Pengurus itu penggerak, dan penggerak ini menjadi pelayan kegiatan KKG-MGMP,” tutup Elfa dalam sambutannya.

Dalam kegiatan ini disampaikan pula Sosialisasi Aplikasi Sipanjatpadi (aplikasi iuran profesi) oleh PIC Kanwil Fajar Rahmadi, M.Sc. Beliau menjelaskan tentang mekanisme aplikasi TPG ini ada beberapa tingkatan yaitu 1) sebagai Guru/Pengawas/Kepala Madrasah, 2) sebagai admin pengurus organisasi profesi, 3) sebagai Kasi Dikmad Kab./Kota (admin Kab./Kota), 4) sebagai admin Kanwil dan itupun mempunyai peran masing-masing.

Selain sosialisasi aplikasi Sipanjatpadi, juga ada pengenalan Organisasi Perkumpulan Guru Madrasah (PGM) Indonesia. PGM Indonesia mempunyai visi Terwujudnya Guru Madrasah Yang Berkualitas, Sejahtera dan Bermartabat dan bersifat 1) Kependidikan (mengabdikan diri dalam menyelenggarakan Pendidikan sesuai dengan keahliannya), 2) Keagamaan (pengabdian berdasar nilai-nilai agamis), 3) Independen (tidak berafiliasi atau berpolitik), 4) Profesional (meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru madrasah).

Saat ini sudah terpilih 4 formatur pengurus PGM Indonesia yaitu Ibu Ruslina Tri Astuti (MTsN 1 Yk), Wakhid Hasyim (MAN 1 Yk), Sri Narwanti (MAN 2 Yk), Fathurrahman Sidiq (MIN 1 Yk). Dari formatur terpilih akan membuat susunan kepengurusan PGM Indonesia tahun 2023. Kegiatan Pembinaan KKG MGMP diakhiri dengan pemaparan program kerja masing-masing pengurus yang dipandu oleh Pengawas Madrasah Murtinah, S.Pd, MA. dan Ratini, S.Pd.I, M.S.I. [lis/eko]

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama